Senin, 28 Desember 2015

KETERPADUAN MATEMATIKA DAN IMTAQ



KETERPADUAN MATEMATIKA DAN IMTAQ
    Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah.      Salah satu manfaat mempelajari matematika adalah untuk menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari, atau untuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari dengan menggunakan konsep-konsep matematika.   Pendekatan pemecahan masalah merupakan fokus dalam pembelajaran matematika yang mencakup masalah tertutup dengan solusi tunggal, masalah terbuka dengan solusi tidak tunggal, dan masalah dengan berbagai cara penyelesaian. Untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah perlu dikembangkan keterampilan memahami masalah, membuat model matematika, menyelesaikan masalah, dan menafsirkan solusinya.
   Pembelajaran matematika hendaknya mengaitkan dengan imtaq. Ini sangat penting sekali karena dapat belajar konsep matematika yang Islami. Kita dapat menghubungkan pokok bahasan dalam matematika dengan ayat-ayat Al Qur’an, seperti pada contoh berikut ini yang telah dikeluarkan Depdiknas 1999 dalam buku suplemennya.
POKOK BAHASAN : HIMPUNAN
1. al-Baqarah (surah : 2 ,ayat : 97 )
2. al-hujurat (surah : 49, ayat : 13)                                                        
 Hai manusia, Sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa – bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.
3. al-baqarah ( surah : 2 ayat 22 & 29)
4. Yunus ( surah : 10, ayat : 101 )
5. Lukman ( surah 31, ayat : 20 )
6. Faathir ( surah : 35, ayat : 27 & 28 )
7. az-Zumar ( surah : 39, ayat : 9 )
POKOK BAHASAN: BILANGAN CACAH
1. al-Fajr ( surah : 89, ayat : 2-3 )
2. Dan malam yang sepuluh[1572],
[1572]  malam yang sepuluh itu ialah malam sepuluh terakhir dari bulan Ramadhan. dan ada pula yang mengatakan sepuluh yang pertama dari bulan Muharram termasuk di dalamnya hari Asyura. ada pula yang mengatakan bahwa malam sepuluh itu ialah sepuluh malam pertama bulan Zulhijjah.
POKOK BAHASAN : BILANGAN BULAT
1. al-Isra ( surah : 17, ayat : 12 )
POKOK BAHASAN : OPERASI HITUNG PADA BENTUK ALJABAR
1. An-Nisa ( surah : 4, ayat : 11,12,176 )
2. Allah mensyari’atkan bagimu tentang (pembagian pusaka untuk) anak-anakmu. yaitu : bahagian seorang anak lelaki sama dengan bagahian dua orang anak perempuan[272]; dan jika anak itu semuanya perempuan lebih dari dua[273], Maka bagi mereka dua pertiga dari harta yang ditinggalkan; jika anak perempuan itu seorang saja, Maka ia memperoleh separo harta. dan untuk dua orang ibu-bapa, bagi masing-masingnya seperenam dari harta yang ditinggalkan, jika yang meninggal itu mempunyai anak; jika orang yang meninggal tidak mempunyai anak dan ia diwarisi oleh ibu-bapanya (saja), Maka ibunya mendapat sepertiga; jika yang meninggal itu mempunyai beberapa saudara, Maka ibunya mendapat seperenam. (Pembagian-pembagian tersebut di atas) sesudah dipenuhi wasiat yang ia buat atau (dan) sesudah dibayar hutangnya. (Tentang) orang tuamu dan anak-anakmu, kamu tidak mengetahui siapa di antara mereka yang lebih dekat (banyak) manfaatnya bagimu. Ini adalah ketetapan dari Allah. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Bijaksana.
[272]  bagian laki-laki dua kali bagian perempuan adalah Karena kewajiban laki-laki lebih berat dari perempuan, seperti kewajiban membayar maskawin dan memberi nafkah. (lihat surat An Nisaa ayat 34).
[273]  lebih dari dua maksudnya : dua atau lebih sesuai dengan yang diamalkan nabi.
POKOK BAHASAN : PECAHAN
1. al-Baqarah ( surah : 2,ayat 275,280,282,283 )
POKOK BAHASAN : ARITMETIKA    SOSIAL
1. Ali-Imran ( surah : 3, ayat : 130 )
2. An-Nisa ( surah : 4, ayat : 29 )
POKOK BAHASAN: PERSAMAAN DAN        PERTIDAKSAMAAN
  1. al-Jumu’ah (surah : 62, ayat : 9 , 10 )
POKOK BAHASAN : SUDUT
  1. Al- Baqarah ( surat : 2, ayat : 142,144 )
  2. Ar-Rahman ( surah : 55, ayat : 17 )
  3. Al-Maa’rij ( surah : 70, ayat :  40 )
POKOK BAHASAN :   SIMETRI
  1. Al-mulk ( surah :  67, ayat : 19 )
  2. An-naml ( surah : 27, ayat : 88 )
  3. Yasiin ( surah : 36, ayat : 38 )
  4. Hud ( surah : 11, ayat : 6 )
  5. Ali-Imran ( surah : 3, ayat : 140 )
  6. Asy-Syuura ( surah : 42, ayat : 11 )
  7. Al-Lail ( surah : 92, ayat : 1-3 )
POKOK BAHASAN :  PERBANDINGAN
  1. Hud (surah : 11, ayat : 24 )
  2. Al-Anfal (surah : 8, ayat : 65-66)
POKOK BAHASAN : WAKTU, JARAK  DAN KECEPATAN
1. Ath-Thuur(surah : 52, ayat : 158)
POKOK BAHASAN : LINGKARAN
  1. Al-Hajj (surah : 22, ayat : 29 )
POKOK BAHASAN : PELUANG
  1. Yasiin (surah : 36, ayat : 82 )
  2. Ali-Imran (surah: 3, ayat: 185,189 )
  3. An-Nisa (surah : 4, ayat : 78 )
  4. Al-Anbiya (surah : 21, ayat : 34-35 )
  5. Qaaf (surah : 50, ayat : 15 )
POKOK BAHASAN :   VOLUME DAN  LUAS SISI RUANG
1. a. Al-Baqarah (surah : 2, ayat : 125 )
2. Al-Mulk (surah : 67, ayat : 19 )
POKOK BAHASAN : POLA BILANGAN  DAN BARISAN BILANGAN
  1. Ash-Shaf (surah : 61, ayat : 4 )
Kalau kita perhatikan sangat erat sekali hubungan antara matematika dan imtaq ( ayat suci Al Qur’an ). Dan hal ini pernah diterbitkan oleh Depdiknas pada tahun 1999. Namun sayang sekali ternyata penerapan di lapangan jauh sekali dari apa yang diharapkan, bahkan sedikit sekali guru matematika khususnya yang memiliki buku suplemen tersebut. Salah satu kendalanya tentu karena kurangnya ketegasan dari pemerintah dan pemerhati pendidikan untuk menerapkannya.

1 komentar:

  1. Merit Casino Review | 2021
    In this Merit Casino review we will introduce you all 메리트 카지노 고객센터 the important aspects of the game, as well as provide the very best overall experience

    BalasHapus